20/09/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Zika Juga Sebabkan Sindrom Syaraf

2 min read

[ A+ ] /[ A- ]

LONDON (KBK) – Setelah Ilmuan mengaitkan virus Zika sebagai penyebab mengecilnya ukuran kepala bayi (microsepali), baru-baru ini Ilmuwan Prancis mendapatkan bukti baru hubungan antara virus Zika dan sindrom saraf yang disebut Guillain-Barre.

Kejadian ini diteliti di negara-negara yang dilanda epidemi Zika. Di sana banyak ditemukan kasus kondisi saraf yang serius.

Menurut Reuters, Guillain-Barre (GBS) adalah sindrom langka di mana sistem kekebalan tubuh menyerang bagian dari sistem saraf, biasanya terjadi beberapa hari setelah terpapar virus, bakteri atau parasit.

Dalam sebuah penelitian retrospektif, penelitian yang didasarkan pada catatan medis, yang menganalisis data dari wabah Zika di Polinesia Prancis selama 2013 dan 2014, para peneliti yang dipimpin oleh Arnaud Fontanet dari Institut Pasteur Prancis menghitung perkiraan risiko berkembangnya Sindrom Guillain-Barre (GBS) sebesar 2,4 untuk setiap 10.000 orang yang terinfeksi Zika.

“Pekerjaan ini penting karena memungkinkan untuk memastikan peran infeksi virus Zika dalam kejadian komplikasi neurologis parah yang merupakan Sindrom Guillain-Barre,” kata Fontanet, kepala unit epidemiologi penyakit yang muncul di Institut Pasteur.

“Di wilayah yang terkena epidemi virus Zika cenderung terlihat peningkatan yang signifikan dalam jumlah pasien dengan komplikasi saraf yang serius. Hal ini membut perlunya peningkastan kapasitas sarana pelayanan kesehatan untuk menerima pasien yang memerlukan perawatan intensif.”

Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan wabah virus Zika yang dibawa nyamuk dan yang menyebar dari Brasil sebagai keadaan darurat kesehatan internasional.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.