20/09/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Ini yang Perlu Dilakukan Agar Bayi Tak Cacat Lahir

2 min read

[ A+ ] /[ A- ]

JAKARTA – Kementerian Kesehatan menyatakan pola hidup sehat yang dijalankan ibu hamil dapat mencegah bayi lahir cacat atau mengalami kelainan bawaan meskipun penyebab utamanya adalah faktor genetik.

“Walaupun penyebab utama kelainan kongenital (bawaan) adalah faktor genetik, infeksi dan faktor lingkungan, sebenarnya banyak dari kelainan tersebut dapat dicegah, misalnya melalui vaksinasi dan konsumsi zat tertentu, seperti asam folat dan iodium,” kata Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan Eni Gustina melalui keterangan tertulisnya, Jumat.

Eni mengatakan berbagai upaya lainnya yang dapat mencegah kelainan bayi adalah menghindari konsumsi obat yang tidak direkomensasikan dokter, alkohol atau zat berbahaya, seperti pengawet dan pewarna buatan, hindari terpapar dari bahan berbahaya dan beracun seperti timbal, merkuri dan pestisida.

Aktivitas fisik dengan berolahraga teratur serta menghindari asap rokok selama kehamilan juga menunjang bayi dapat lahir sehat tanpa ada kelainan bawaan.

Menurutnya, permasalahan kelainan bawaan harus mendapatkan perhatian khusus karena menyumbang cukup besar kematian pada bayi yang baru lahir (neonatal).

Berdasarkan Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2012, angka kematian bati di Indonesia sebesar 32/1.000 kelahiran hidup dan kematian neonatal 19/1.000 kelahiran hidup.

Halaman Berikut : 1,4 PERSEN BAYI LAHIR MENINGGAL

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.