20/09/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Turki dan Uni Eropa Gagal Bendung Pengungsi

1 min read

[ A+ ] /[ A- ]

LESBOS – Mereka melambaikan tangan, bersorak, dan tersenyum gembira dalam perahu karet bermotor warna biru setelah berhasil tiba di Eropa saat fajar pada hari Ahad (20/3/2016)

Sekitar 50 pengungsi dan pendatang tersebut merupakan gelombang pertama yang tiba di Pulau Lesbos, Yunani, pada hari pertama setelah Uni Eropa mencapai kesepakatan dengan Turki untuk menutup rute Laut Aegean, yang digunakan sejuta orang untuk menyeberang menuju Yunani pada 2015.

Dalam keadaan lelah namun lega, para pendatang tersebut membungkus kaki basah mereka dengan selimut hangat sementara para para tenaga sukarela membagi-bagikan pakaian kering dan barang kebutuhan.

Saksi mata Kantor Berita Reuters melihat kedatangan tiga perahu pada Ahad pagi buta.

Dua pria yang pingsan dibawa ke luar dari salah satu perahu di tengah teriakan sesama penumpang dan beberapa saat kemudian keduanya dinyatakan meninggal dunia.

Sebanyak 12 perahu merapat di bibir pantai di dekat bandar udara pada pukul 06.00 waktu setempat, demikian pernyataan petugas kepolisian.

Berdasarkan kesepakatan antara Uni Eropa dan Turki, semua pendatang dan pengungsi, termasuk mereka yang berasal dari Suriah yang menuju Yunani secara ilegal melalui mulai Minggu, akan dikembalikan ke Turki setelah mereka didaftar dan permohonan suakanya telah diproses. – Antara

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.