20/09/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Aktivitas Gunung Kerinci Meningkat, Pendaki Dilarang Naik

1 min read

[ A+ ] /[ A- ]

JAMBI – Jalur pendakian Gunung Kerinci di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, sejak sepekan yang lalu ditutup akibat meningkatnya aktivitas gunung berapi tersebut.

“Iya jalur pendakian ditutup total, dan penutupan atas rekomendasi pihak berwenang yakni Pos Pemantauan Gunung Api Kerinci,” kata Petugas Pos Pendakian Resort 10, Andi dihubungi dari Jambi, Ahad (3/4/2016).

Dijelaskannya, sejak sepekan lalu aktivitas gunung yang memiliki ketinggian 3.805 meter dari permukaan laut itu mengeluarkan semburan debu panas dari kawah aktif.

Sebab itu, pihak Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) wilayah seksi I menutup jalur pendakian gunung tertingi di Sumatera itu sampai batas waktu yang belum ditentukan.

“Belum bisa ditentukan kapan dibuka kembali, tergantung setelah ada rekomendasi dari pihak terkait jika sudah dinyatakan aman,” katanya menjelaskan.

Bagi wisatawan dan pendaki dari luar daerah yang sudah terlanjur datang untuk melakukan pendakian, akan dialihkan ke Danau Gunung Tujuh yang memiliki ketinggian 1.996 MDPL dan juga dialihkan ke Danau Kaco.

“Untuk mengurangi rasa kecewa pendaki yang sudah datang jauh-jauh, mereka dialihkan ke Danau Gunung Tujuh yang tidak kalah indahnya,” kata Andi. – Antara

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.