20/09/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Zakat Lebih Cepat Atasi Kemiskinan 1,5 Tahun

1 min read

[ A+ ] /[ A- ]

JAKARTA—Ketua Umum Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Bambang Sudibyo menilai, pengentasan kemiskinan melalui dana zakat lebih efektif daripada dana sosial lainnya. Menurutnya, intervensi dana zakat untuk atasi kemiskinan lebih cepat satu setengah tahun dibandingkan dengan dana sosial.

“Jika dana zakat dapat membantu mengentaskan kemiskanan dalam 5,5 tahun, dana sosial lainnya butuh waktu 7 tahun,” ujarnya seperti dikutip dari Antara, Kamis (14/4/2016).

Sementara itu, dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Perkembangan Zakat di Indonesia, Kementerian Agama (Kemenag) menegaskan komitmennya untuk melakukan perbaikan pengelolaan zakat. Dirjen Bimas Islam Machasin mengatakan, perbaikan ini penting agar zakat dapat menjadi kekuatan produktif dalam ikut berperan mengentaskan kemiskinan.

“Kebanyakan zakat dibagi untuk kepentingan konsumtif masyarakat, namun saat ini harus bersifat produktif. Ini tidak mudah, namun perlu dipikirkan, dengan dana zakat itu bisa mengentaskan kemiskinan untuk memberikan kesejahteraan bagi masyarakat,” tegas Machasin saat memberikan sambutan dan sekaligus membuka acara Rakernasdi Jakarta Rabu (13/4) kemarin.

Menurut keterangan Kemenag, acara yang berlangsung hari ini tanggal 13 sampai 15 April 2016, mengusung tema “Tingkatkan Kualitas Program Pemberdayaan Zakat Menuju Penganggaran Yang Berbasis Money Follow Program. Rakernas ini diikuti perwakilan Kanwil Kemenag Provinsi se-Indonesia yang menangani bidang zakat, unsur Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), dan aparatur Ditjen Bimas Islam.

Machasin meminta  forum Rakernas ini dapat mengevaluasi  apa dan bagaimana kegiatan yang sudah dilakukan. Dari situ, diharapkan akan dapat dirumuskan skala prioritas terkait program dan kegiatan apa saja yang mendesak untuk didahulukan. Forum Rakernas juga diharapkan menjadi ajang berbagi pengalaman pengelolaan zakat karena kondisi setiap daerah berbeda-beda.

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.