20/09/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

AS Ancam Ambil Tindakan Sendiri Respon Serangan Senjata Kimia Pasukan Al Assad ke Idlib

1 min read

[ A+ ] /[ A- ]

WASHINGTON (KBK) – Amerika Serikat akan mengambil tindakan sepihak jika PBB gagal menanggapi serangan kimia yang dilakukan Pasukan Bashar Al Assad di Idlib, Suriah yang menewaskan lebih dari 80 orang, termasuk banyak anak-anak.

“Ketika PBB secara konsisten gagal dalam tugasnya untuk bertindak secara kolektif, ada saat-saat dalam kehidupan negara yang kita dipaksa untuk mengambil tindakan kita sendiri,” ungkap Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley, Rabu (5/4/2017).

Peringatan itu disampaikan dalam pertemuan darurat dengan Dewan Keamanan PBB, dimana Perancis dan Inggris juga turut mengutuk serangan, Selasa (4/4/2017) di sebuah kota yang dikuasai pemberontak di provinsi Idlib.

Dilaporkan Al Jazeera, rumah sakit di Idlib kewalahan setelah serangan gas itu.

Haley pun mengecam Rusia karena gagal mengendalikan sekutu Suriahnya, Ia berdiri di ruang dewan sambil melihatkan foto-foto korban salahsatunyamenunjukkan anak muda tergeletak tak bernyawa, meskipun masker menutupi wajahnya.

“Berapa banyak lagi anak-anak harus mati sebelum Rusia peduli?” Haley bertanya.

“Jika Rusia memiliki pengaruh di Suriah dan mengklaim memiliki senjata kimia, kita perlu melihat mereka pasti menggunakannya,” katanya. “Kita perlu melihat mereka harus mengakhiri perbuatan mengerikan ini.”

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.