21/09/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Dinas Kebudayaan Sumbar Apresiasi Perhatian Dompet Dhuafa Terhadap Budaya

2 min read

[ A+ ] /[ A- ]

PADANG (KBK) – Kepala Dinas Kebudayaan Propinsi Sumatera Barat Taufik Effendi, sangat mengapresiasi perhatian Dompet Dhuafa terhadap kebudayaan di Indonesia.

Hal itu disampaikannya melihat kiprah dari Dompet Dhuafa yang sangat peduli dengan kearifan lokal di tanah air.

“Kalau dilihat Dompet Dhuafa sebagai Lembaga Kemanusiaan berbasis Islam, Dompet Dhuafa sudah melakukan tauladan berdakwah dengan damai dengan pendekatan kebudayaan dan pemberdayaan,” ujar Taufik Effendi kepada KBK di ruangannya, Kantor Gubernur Sumatera Barat, Selasa (4/7/2017).

Taufik juga menjelaskan, apa yang dilakukan Dompet Dhuafa sangat sejalan dengan program-program yang direncanakannya di Dinas Kebudayaan.

Karena itu Taufik mengajak, rencana program Serambi Budaya yang akan digalakkan Dompet Dhuafa di tahun 2018 bisa disandingkan dengan program penguatan kearifan lokal yang direncanakan Dinas Kebudayaan Sumatera Barat yang juga akan dimulai di tahun 2018.

Penguatan kearifan lokal yang direncanakan Dinas Kebudayaan Sumbar, lanjut Taufik, menguatkan peran dan fungsi ninik mamak sebagai pentolan kaum dan suku di nagari-nagari di Sumatera Barat.

“Caranya, dengan memberikan ninik mamak edukasi kepemipinan adat. Dengan demikian ia akan bisa menjalankan peran dan fungsinya sebagai tokoh perubahan di tingkat nagari atau pemerintahan terkecil di Sumatera Barat,” ujarnya.

Dengan penguatan kapasitas tokoh adat di nagari itu, tambahnya, secara otomatis ninik mamak akan berperan menguatkan anak dan keponakannya dari segi apapun, termasuk ekonomi, pendidikan dan budaya.

“Nah jika program ini dikuatkan dengan program pemberdayaan dan serambi budaya yang dicanangkan Dompet Dhuafa, tentunya tokoh adat itu akan berfungsi pula sebagai agen pemberdayaan yang bisa mengentaskan kemiskinan anak keponakannya di nagari masing-masing,” terang Taufik.

Karena itu pula, kata Taufik, Dinas Kebudayaan Sumbar siap menyambut Dompet Dhuafa sebagai partner Pilot Project pelaksanaan program Serambi Budaya di Sumatera Barat.

Berkaitan dengan grand opening DayaMart, (salahsatu progam pemberdayaan Dompet Dhuafa) yang akan dilakukan dalam bentuk teaterikal Randai Kreatif, di saat itu Taufik mengusulkan, dijadikan sebagai momen pencanangan sinergisitas Dompet Dhuafa dan Dinas Kebudayaan Sumbar dalam penguatan budaya lokal.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.