21/09/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

DK PBB Kutuk Serangan Teror Barcelona

1 min read

[ A+ ] /[ A- ]

NEW YORK – Dewan Keamanan (DK) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengutuk serangan teroris yang terjadi Kamis (17/8/2017) di kota Spanyol, Barcelona, yang menyebabkan setidaknya 13 orang tewas dan lebih dari 100 lainnya cedera.

Dalam sebuah pernyataan, anggota dewan menyampaikan simpati dan belasungkawa mereka kepada keluarga korban, dan juga kepada pemerintah Spanyol. Mereka berharap pemulihan cepat bagi mereka yang terluka.

Dewan Keamanan menegaskan; terorisme dalam segala bentuk dan manifestasinya merupakan salah satu ancaman paling serius terhadap perdamaian dan keamanan internasional.

Mereka menyatakan solidaritas mereka dengan Spanyol dalam perang melawan terorisme dan menekankan perlunya mengintensifkan upaya internasional untuk memerangi terorisme dan ekstremisme yang keras, yang mungkin kondusif bagi terorisme.

Anggota dewan mengulangi bahwa setiap tindakan terorisme bersifat kriminal dan tidak dapat dibenarkan, terlepas dari motivasi mereka, di manapun, kapanpun dan oleh siapa pun yang melakukan.
Mereka menegaskan kembali kebutuhan semua negara untuk memerangi, dengan segala cara, ancaman terhadap perdamaian dan keamanan internasional yang disebabkan oleh tindakan teroris.

Seperti dikutip Xinhua, anggota dewan menggarisbawahi kebutuhan untuk membawa para pelaku, penyelenggara, pemodal dan sponsor tindakan tercela ini ke pengadilan, dan mendesak semua negara, sesuai dengan kewajiban mereka berdasarkan hukum internasional dan resolusi Dewan Keamanan yang relevan, untuk bekerja sama secara aktif dengan pemerintah Spanyol dan Semua otoritas terkait lainnya dalam hal ini.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.