21/09/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Topan Hato Landa Cina dengan Kecepatan 45 Meter per Detik

1 min read

[ A+ ] /[ A- ]

GUANGZHOU – Topan Hato ke-13 yang melanda Cina tahun ini membawa angin kencang dengan kecepatan 45 meter per detik, Kota Zhuhai di Provinsi Guangdong, Cina.

Badai Tropis Hato akan bergerak ke barat dan turun melewati Daerah Otonomi Guangxi Zhuang pada Rabu malam, kata Pusat Meteorologi Nasional.

Tidak ada korban dilaporkan di Provinsi Guangdong.

Sejauh ini, 13 kota dan kabupaten di Guangdong telah mengeluarkan peringatan merah untuk topan tersebut.

Badai dan hujan lebat telah membuat industri dan perusahaan meliburkan karyawannya di Kota-kota Zhuhai, Jiangmen dan Zhongshan. Beberapa jalan tol juga ditutup.

Investigasi awal menunjukkan topan meniup lebih dari 2.000 pohon, tanda-tanda, pagar dan pagar yang rusak di jalan-jalan di provinsi tersebut.

Pasokan listrik terganggu di beberapa daerah namun pada pukul 3 siang. Telah dipulihkan sebagian.

Saat topan bergerak ke arah barat, provinsi-provinsi tetangga juga terkena dampaknya. Penerbangan terganggu di Guangxi dan layanan kereta api tertunda atau dibatalkan di Propinsi Yunnan.

Topan itu juga membawa hujan lebat ke Provinsi Hunan, Cina, kata kantor pusat pengendali banjir provinsi tersebut pada hari Rabu (23/8/2017).

Dilaporkan Xinhua pada hari Selasa, ribuan orang dievakuasi di beberapa bagian Cina Selatan menyambut kedatangan Hato.

Cina memiliki sistem peringatan cuaca berkode empat tingkat warna, dengan warna merah merupakan tanda paling parah, diikuti oleh oranye, kuning dan biru.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.