21/09/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Dalam 5 Hari 10.000 Warga Kanada Tandatangani Petisi Online Cabut Kewarganegaraan Suu Kyi

2 min read

[ A+ ] /[ A- ]

TRENTON – Dalam 5 hari, 10.000 warga Kanada menandatangani petisi online yang berisi meminta Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mencabut Kewarganegaraan Penasihat Negara Myanmar Aung San Suu Kyi karena telah membiarkan militernya membantai warga Rohingya.

Kanada menganugerahkan warga negara kehormatan kepada Suu Kyi di tahun 2007 atas perjuangannya membawa kebebasan dan demokrasi di Myanmar.

Menindaklanjuti hal itu terpaksa Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berbicara dengan pemimpin de facto Myanmar itu pada hari Rabu (13/9/2017).

Menurut Kantor Perdana Menteri, Trudeau menyampaikan keprihatinan mendalamnya atas penganiayaan terhadap Muslim Rohingya.

“Apa yang terjadi di bawah pengawasan Aung San Suu Kyi di Myanmar saat ini adalah sejauh yang Anda bisa dapatkan dari gagasan-gagasan ini,” petisi tersebut berbunyi.

Pernyataan pemerintah menyebutkan telepon tersebut tidak membahas masalah kewarganegaraan.

Namun, Trudeau mengatakan di Twitter bahwa: “Hari ini saya berbicara dengan Aung San Suu Kyi untuk menyampaikan keprihatinan mendalam Kanada terhadap Muslim Rohingya di Myanmar.”

Sekitar 370.000 Muslim Rohingya telah meninggalkan Myanmar ke Bangladesh, karena tentara pemerintah dan masyarakay Budha hendak membunuh mereka. Myanmar didominasi warga beragama Budha.

Dalam sebuah pernyataan tertulis, Trudeau mengatakan bahwa, dia mendiskusikan dengan Suu Kyi tentang kebutuhan untuk membela dan melindungi hak semua minoritas.

Dia kemudian meminta Myanmar untuk mengambil sikap yang kuat untuk mengakhiri kekerasan, dan mengkampanyekan perlindungan warga sipil dan memberikan akses tanpa hambatan untuk PBB dan relawan kemanusiaan internasional”.

Trudeau menjanjikan dukungan Kanada untuk membantu membangun masyarakat yang damai dan stabil di Myanmar.

Dikutip dari Anadolu, tidak ada pernyataan Trudeau menyebutkan reaksi Suu Kyi atas seruan Trudeau untuk mengakhiri kekerasan terhadap Rohingya, kecuali ia menyampaikan penghargaannya atas kontribusi Kanada terhadap upaya kemanusiaan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.