21/09/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Warga Sekitar Gunung Talang Tolak Rencana Eksplorasi Geothermal

1 min read

[ A+ ] /[ A- ]

AROSUKA — Ratusan Masyarakat Salingka Gunung Talang, Kabupaten Solok menolak rencana pemerintah untuk melakukan eksplorasi energi panas bumi (geothermal ) sebagai upaya pemenuhan program energi nasional.

Pendemo yang berasal dari Himpunan Masyarakat Pecinta Alam Gunung Talang (Himapagta) menggelar aksi unjuk rasa menolak pembangunan proyek geothermal yang akan diekspolorasi di Nagari Batu Bajanjang, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok, Rabu (13/9/2017).

Unjuk rasa berlangsung di bawah terik matahari sejak pukul 12.00 WIB hingga berakhir pukul 14.00 WIB. Massa yang datang dengan memakai truk, mobil pikap dan sepeda motor itu awalnya berkumpul di depan Taman Hutan Kota Terpadu (THKT) Arosuka.

Di bawah pengawalan aparat dari Mapolres Arosuka, Kodim 0309 Solok dan Satpol PP Kab. Solok, massa kemudian melakukan longmarch menuju Kantor Bupati Solok. Massa tak sampai masuk ke Kompleks Kantor Bupati Solok, karena sesuai kesepakatan, aksi akhirnya dilakukan di depan Tugu Ayam Kukuak Balenggek, depan gerbang Kantor Bupati Solok.

Dalam orasinya, juru bicara masyarakat, Indra, menolak pembangunan proyek geothermal wilayah kerja panas bumi Gunung Talang-Bukit Kili yang dipusatkan di Nagari Batu Bajanjang, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok.

“Kami menolak pembangunan geothetmal yang dilakukan di Nagari Kami karena tidak ingin kampung kami rusak akibat kepentingan segelintir orang,” katanya di depan ratusan warga.

Seperti dilansir Haluan, warga mencemaskan efek samping terhadap lingkungan dan membawa dampak buruk terhadap sektor pertanian. Warga mengaku, tidak akan menerima berbagai bentuk eksplorasi panas bumi di Gunung Talang.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.