21/09/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Amnesti Internasional : Keamanan Myanmar Tembak Warga Rohingya yang Sedang Lari

2 min read

[ A+ ] /[ A- ]

RAKHINE – Dalam laporan Amnesti Internasional diungkapkan, tentara, polisi dan kelompok main hakim sendiri di Rakhine kadang-kadang mengelilingi sebuah desa dan menembak ke udara sebelum memasuki, namun seringkali akan menyerang dan mulai menembaki ke segala arah.

“Ketika militer datang, mereka mulai , orang-orang yang sangat ketakutan dan mulai berlari, saya melihat militer menembak banyak orang dan membunuh dua anak laki-laki. Mereka menggunakan senjata untuk membakar rumah kami,” kata seorang yang selamat.

“Dulu ada 900 rumah di desa kami, sekarang hanya 80 yang tersisa. Tak ada yang tersisa untuk mengubur mayatnya.”

Amnesty mengatakan bahwa pihaknya dapat menguatkan pembakaran dengan menganalisis foto-foto yang diambil dari seberang Sungai Naf di Bangladesh, yang menunjukkan pilar besar asap yang meningkat di dalam Myanmar.

Organisasi hak asasi internasional mengatakan bahwa di beberapa daerah, pemerintah daerah memperingatkan desa-desa terlebih dahulu bahwa rumah mereka akan dibakar, sebuah indikasi yang jelas bahwa serangan tersebut disengaja dan direncanakan.

Seorang saksi mata dari desa Pan Kyiang di kota Rathedaung menggambarkan bagaimana pada pagi hari tanggal 4 September, militer datang dengan administrator desa: “Dia mengatakan pada pukul 10 pagi hari ini kami sebaiknya pergi, karena semuanya akan dibakar.”

Ketika keluarganya mengemasi barang-barang mereka, dia melihat apa yang dia gambarkan sebagai ‘bola api’ yang memukul rumahnya, dan pada saat itu mereka melarikan diri dengan panik.

Penduduk desa yang bersembunyi di sawah dekat menyaksikan tentara membakar rumah dengan menggunakan peluncur roket yang tampaknya merupakan roket.

Dikutip dari Al Jazeera, Amnesti mengatakan, jumlah sebenarnya dari kebakaran dan tingkat kerusakan properti bisa jauh lebih tinggi, karena tutupan awan selama musim hujan telah menyulitkan satelit untuk menangkap semua pembakaran.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.