21/09/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Data Satelit Melihatkan 80 Titik Kebakaran Besar di Kampung Rohingya

1 min read

[ A+ ] /[ A- ]

RAKHINE – Menurut data satelit terbaru yang dihimpun Kelompok Hak Asasi Manusia, Kamis (14/9/2017) ada data deteksi kebakaran, foto dan video dari lapangan, melihatkan ada 80 kebakaran berskala besar di daerah-daerah yang didiami di negara bagian Rakhine utara sejak 25 Agustus.

“Dipastikan, pasukan keamanan Myanmar dan gerombolan main hakim sendiri membumihanguskan wilayah mayoritas Muslim di Negara Bagian Rakhine. Mereka membakar seluruh desa Rohingya dan menembaki orang-orang Rohingya saat mereka mencoba melarikan diri,” kata Amnesty International.

“Buktinya tidak terbantahkan – pasukan keamanan Myanmar sedang menetapkan negara bagian Rakhine utara dalam sebuah kampanye yang ditargetkan untuk mendorong orang-orang Rohingya keluar dari Myanmar dengan cara membakar desa mereka,” kata Tirana Hassan, Direktur Penanggulangan Krisis Amnesty International.

“Jangan salah: ini adalah pembersihan etnis,” tambah Tirana.

Sedikitnya 370.000 orang Rohingya diperkirakan telah melarikan diri dari Negara Bagian Rakhine ke negara tetangga Bangladesh setelah pejuang dari Arakan Rohingya Solidarity Army (ARSA) menyerang pos polisi, yang memicu serangan militer besar-besaran.

Pemerintah Myanmar mengatakan pada hari Rabu bahwa hampir 40 persen desa Rohingya dijadikan sasaran tentara dalam apa yang disebut “operasi pembersihan,” dengan 176 dari 471 desa sudah kosong dari warganya dan 34 desa lainnya masih ada yang bertahan.