21/09/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Konflik Korea Utara – AS : Kapanpun Perang Nuklir Bisa Terjadi

1 min read

[ A+ ] /[ A- ]

KOREA UTARA – Wakil Duta Besar Korea Utara untuk PBB telah memperingatkan situasi di Semenanjung Korea saat ini. Dikatakannya kapanpun perang nuklir bisa saja terjadi.

Kim In-ryong mengatakan kepada komite perlucutan senjata Majelis Umum PBB pada hari Senin (16/10/2017) bahwa Korea Utara adalah satu-satunya negara di dunia yang telah mengalami ancaman nuklir ekstrem dan langsung dari Amerika Serikat sejak tahun 1970an dan mengatakan bahwa negara tersebut berhak untuk memiliki senjata nuklir untuk membela diri.

Dia menunjuk pada latihan militer skala besar setiap tahun dengan menggunakan aset nuklir dan Korea Utara mengkritik rencana AS untuk melakukan operasi rahasia yang bertujuan untuk menyingkirkan kepemimpinan tertinggi Korea Utara.

Tahun ini, kata Kim, Korea Utara menyelesaikan uji coba kekuatan nuklir. Kini negara tersebut sudah memiliki kekuatan senjata dengan tenaga nuklir penuh yang memiliki sarana pengiriman dengan berbagai jenis, termasuk bom atom, bom Hidrogen dan roket balistik antarbenua.

“Seluruh daratan AS berada dalam jangkauan tembak kita dan jika AS berani memasuki wilayah Korea Utara bahkan satu inci pun, ia tidak akan lolos dari hukuman berat kita di belahan dunia manapun,” Kim mengingatkan.

Dikutip dari Al Jazeera, Pidato Kim menyusul meningkatnya ancaman antara Korea Utara dan Amerika Serikat, dan sanksi PBB yang semakin sulit.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.