20/09/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Mnangagwa Pimpin Rapat Pertama Partai Zanu-PF Pasca Mugabe Diberhentikan

1 min read

[ A+ ] /[ A- ]

HARARE – Emmerson Mnangagwa, Wakil Presiden yang dipecat Presiden Robert Mugabe yang sempat lari ke luar negeri memimpin Rapat Politburo pertama sebagai pemimpin Partai ZANU-PF yang berkuasa di Zimbabwe, Kamis (23/11/2017) setelah pemberhentian Presiden Robert Mugabe menjadi ketua partai tersebut sekaligus presiden Zimbabwe, Ahad lalu.

Dalam pidato pembukaan yang disampaikan di markas partai pada Rabu malam, (22/11/2017), Mnangagwa menjanjikan partai pembebasan tersebut kepada pendukungnya untuk melepaskan diri dari masa lalu.

Dalam sambutan publik pertamanya sejak kembali ke negara tersebut, Mnangagwa mengatakan bahwa, Zimbabwe memasuki era baru demokrasi.

Dia dipecat sebagai wakil presiden awal bulan ini dan harus melarikan diri dari negara tersebut untuk keamanan karena adanya perebutan kekuasaan internal untuk menggantikan Mugabe yang berusia 93 tahun.

Mnangagwa kembali dari Afrika Selatan dua minggu setelah pengambilalihan militer yang membuat Mugabe berada dalam tahanan rumah di Residence Blue Roof-nya di ibu kota.

Dikutip dari Al Jazeera, banyak pendukung mengharapkan kepemimpinan Mnangagwa dari badan pembuat keputusan untuk menetapkan agenda kebijakan yang berbeda yang juga akan tercermin dalam kepresidenannya di negara Afrika selatan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.