21/09/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Rakyat Gaza ‘Dicekik’ Israel di Karem Shalom

1 min read

[ A+ ] /[ A- ]

GAZA – Sejak pemberlakuan blokade 14 tahun lalu, Israel mencekik warga Palestina di Jalur Gaza melalui pintu Karem Shalom.

Seperti dilansir Pusat Informasi Palestina, Israel telah mencegah masuknya ribuan barang dan bahan yang diperlukan untuk warga Palestina di Gaza melalui penyeberangan “Karem Shalom”, satu-satunya jalur perlintasan barang ke Jalur Gaza yang masih dibuka Israel.

“Penjajah Israel menutup semua celah dan jalan, dan hanya mengizinkan barang masuk melewati penyeberangan Karem Shalom,” tulis PIP di lamannya.

Selama bertahun-tahun blokade, penjajah Israel berhasil menerapkan kebijakan yang mencekik Jalur Gaza dengan mencegah masuknya barang dan komoditas penting melalui penyeberangan Karem Shalom.

“Penyeberangan Karem Shalom, digunakan Israel untuk mengancam dan menghukum warga Palestina di Gaza,” tulis PIP, Selasa (25/8/2020)

Penyeberangan tersebut merupakan pintu terakhir agar tetap warga Gaza bernapas dengan masuknya barang ke Jalur Gaza, setelah sejak pemberlakuan blokade , tiga penyeberangan utama lain yang menghubungkan Gaza dengan dunia luar ditutup total penjajah Israel. Yaitu penyeberangan Muntar “Karni”, penyeberangan Shejaiya “Nahal Oz”, serta penyeberangan Sufa .

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.