20/09/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Yaman Negara Paling Berisiko Bencana Kemanusiaan 2021

1 min read

[ A+ ] /[ A- ]

SANAA – Yaman adalah negara yang paling berisiko mengalami bencana kemanusiaan pada tahun 2021.

Demikian diperingatkan Komite Penyelamatan Internasional (IRC), Rabu (16/12/2020) mengingat sudah memasuki tahun ketiga sebagai negara yang dilanda perang.

Konflik yang berlanjut, kelaparan yang meluas dan tanggapan bantuan internasional yang menurun secara dramatis karena wabah COvid-19, memperburuk krisis Yaman ke depan.

Tamuna Sabadze, Direktur Badan Bantuan untuk Yaman, mengatakan dukungan untuk Yaman sangat penting dan dibutuhkan sekarang lebih dari sebelumnya.

Dalam sebuah wawancara dengan Al Jazeera dari ibu kota, Sanaa, dia mengajak para pihak berkomitmen lebih dari biasanya dari secara lokal, regional dan global untuk mengakhiri konflik di Yaman.

“Tanpa ini, banyak hal tidak akan berubah di Yaman; warga sipil Yaman benar-benar tidak akan memiliki masa depan dan harapan. Dua puluh empat juta orang membutuhkan semacam bantuan kemanusiaan – baik itu makanan, perlindungan, layanan kesehatan, atau pendidikan,” jelas Sabade.

Menurut Sabade, mayoritas negara sangat membutuhkan PBB dan pendanaan kemanusiaan untuk memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari mereka.

Daftar pantauan IRC untuk 2021, peringkat dari satu sampai 10, terdiri dari: Yaman; Afganistan; Suriah; Republik Demokratik Kongo; Etiopia; Burkina Faso; Sudan Selatan; Nigeria; Venezuela dan Mozambik.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.