21/09/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Kementerian TIK Korsel Anggarkan US$114,1 Juta untuk Kembangkan Chips Saraf

1 min read

[ A+ ] /[ A- ]

SEOUL – Kementerian TIK Korea Selatan mengatakan Selasa (12/1/2021) akan menginvestasikan dana sebesar WON125,3 miliar (US$114,1 juta) tahun ini untuk mendukung pengembangan prosesor saraf. Anggaran ini naik 75 persen dari tahun lalu.

“Unit pemrosesan saraf yang dikembangkan mengacu pada chip logika berkinerja tinggi dan bertenaga rendah yang berspesialisasi dalam layanan kecerdasan buatan (AI)”, ungkap Kementerian Sains dan TIK.

Pemerintah menempatkan harapan besar tahun lalu pada teknologi chip generasi terbaru, termasuk prosesor saraf, dengan rencana untuk menghabiskan 1 triliun won untuk pengembangannya hingga 2029 dan berniat menguasai 20 persen pangsa pasar chip AI global pada 2030.

Tahun ini, kementerian mendukung pengembangan empat chip AI dan membantu membina 270 spesialis di sektor tersebut.

Ia menambahkan bahwa sebagian besar investasi tahun ini – 108,4 miliar won – akan digunakan untuk mengembangkan teknologi inti, sementara 7,7 miliar won akan digunakan untuk mendorong perusahaan baru yang menjanjikan di sektor ini.

Dikutip dari koreaherald, Selasa (12/1/2021) negara Korea membuat terobosan dalam pengembangan chip saraf tahun lalu, dengan operator seluler terkemuka SK Telecom Co. merilis chip AI untuk digunakan di pusat data.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.