20/09/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Jack Ma Muncul Kembali, Setelah Hampir 3 Bulan Hilang

2 min read

[ A+ ] /[ A- ]

BEIJING – Jack Ma muncul kembali untuk pertama kalinya sejak pemerintah China mulai menekan kerajaan bisnisnya hampir tiga bulan lalu, muncul dalam video streaming langsung yang membuat saham Alibaba Group Holding Ltd. melonjak tetapi meninggalkan banyak pertanyaan yang belum terjawab tentang nasib miliarder tersebut. .

Ma berbicara singkat pada hari Rabu (20/1/2021) selama acara tahunan yang dia selenggarakan untuk mengenali guru pedesaan. Dalam salah satu video acara yang diedarkan secara online, wirausahawan paling terkenal di China terlihat sedang melakukan tur sekolah dasar di kampung halamannya di Hangzhou. Ma, yang tidak terlihat publik sejak regulator menangguhkan penawaran umum perdana perusahaan fintechnya Ant Group Co., mengatakan kepada para guru bahwa dia akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk filantropi. Dia tidak menyebutkan perselisihannya dengan Beijing.

Ant mengonfirmasi keaslian video tersebut tetapi menolak berkomentar lebih lanjut. Saham Alibaba, raksasa e-commerce yang didirikan bersama oleh Ma dan memiliki sekitar sepertiga dari Ant, melonjak sebanyak 11% di Hong Kong.

Spekulasi tentang keberadaan Ma dan posisinya dengan pemerintahan Presiden Xi Jinping telah mencapai puncaknya dalam beberapa pekan terakhir, setelah regulator memerintahkan Ant untuk merombak bisnisnya dan memulai penyelidikan antitrust Alibaba. Tindakan keras Beijing menyusul pidato Ma bulan Oktober di mana dia mengkritik regulator China dan pemberi pinjaman milik negara.

Komentar Ma pada hari Rabu terdengar jauh berbeda. Dia menggemakan tema yang dianut oleh Partai Komunis yang berkuasa, seperti menghidupkan kembali pedesaan dan mempersempit disparitas pendapatan dengan mendorong kembalinya bakat-bakat yang lebih muda ke daerah pedesaan.

“Belakangan ini, saya dan rekan kerja saya belajar dan berpikir. Kami membuat resolusi yang lebih tegas untuk mengabdikan diri pada filantropi pendidikan, ”kata Ma dalam video, yang pertama kali diposting online oleh blog lokal. “Bekerja keras untuk revitalisasi pedesaan dan kemakmuran bersama adalah tanggung jawab generasi pengusaha kita.”

Meski keberadaan tepatnya Ma masih belum jelas, kemunculannya di forum publik dapat membantu meredam beberapa rumor yang lebih mengerikan tentang nasibnya di negara di mana liputan media sering kali dikoreografikan dengan ketat. Di antara outlet paling awal yang melaporkan alamat videonya adalah outlet berita online yang didukung oleh pemerintah provinsi Zhejiang.

Ma tidak terlihat publik sejak regulator pada November membatalkan IPO Ant senilai $ 35 miliar, memperketat regulasi fintech dan meluncurkan penyelidikan terpisah ke Alibaba – semuanya dalam rentang minggu.

“Kemunculan kembali Jack Ma yang tidak terduga – sama mendadak seperti hilangnya sebelumnya – kemungkinan merupakan tanda bahwa hubungannya dengan otoritas pengatur Beijing telah stabil,” kata Brock Silvers, direktur pengelola di dana ekuitas swasta Kaiyuan Capital di Hong Kong.

Seperti dilansir Bloomberg, Rabu (20/1/2021), “Tapi Ma mungkin tidak keluar dari hutan”, tambah Silvers

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.