20/09/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Di Tengah Wabah, URWA Tinggalkan Pengungsi Palestina di Lebanon

2 min read

[ A+ ] /[ A- ]

LEBANON – Di tengah wabah Corona melanda, justru Badan Bantuan dan Pemberdayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) berpaling dari para pengungsi Palestina di kamp-kamp pengungsi di Lebanon.

Lembaga PBB ini memutuskan untuk menutup institusi kesehatannya bagi para pengungsi selama masa lockdown Corona saat ini, yang berlangsung selama lebih dari sepuluh hari berturut-turut.

Langkah ini disambut dengan penolakan dan kecaman dari para pengungsi Palestina. Terutama setelah faksi-faksi Palestina menuntut UNRWA untuk bersiaga dan siap menghadapi keadaan darurat kesehatan, dan setelah otoritas Lebanon mengecualikan bidang kesehatan dari keputusan lockdown.

Meskipun UNRWA masuk mitra dalam Komite Darurat Lebanon-Palestina untuk menghadapi krisis Corona, namun UNRWA telah mengabaikan kewajiabnnya di bidang kesehatan, bantuan dan sosialnya di kamp-kamp pengungsi Palestina, yang menderita akibat kondisi ekonomi yang sangat sulit.

Direktur Jenderal UNRWA di Lebanon, Claudio Cordone, memutuskan untuk menutup semua kantor kepala wilayah dan direktur layanan UNRWA di kamp-kamp pengungsi Palestina selama lockdown saat ini di Lebanon, yang berlangsung selama lebih dari sepuluh hari berturut-turut.

Dirjen UNRWA di Lebanon juga memutuskan untuk menutup total puskesmas dan klinik selama empat hari ke depan, dan membukanya kembali sebagian, mulai Senin depan, hanya selama tiga jam sehari.

Keputusan Direktur Jenderal UNRWA di Lebanon tersebut mendapatkan kecaman secara luas, di tengah seruan untuk segera membatalkan keputusan ini, yang bahkan bertentangan dengan kebijakan dan keputusan pemerintah Lebanon.

Dikutip dari Pusat Informasi Palestina, Senin (25/1/2021), Pejabat Kantor Urusan Pengungsi gerakan Hamas di Lebanon, Abu Ahmed Fadl, terkejut bahwa UNRWA telah mengambil keputusan seperti itu, yang tidak sejalan dengan logika maupun kemaslahatan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.