21/09/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Pembantu Terdekat Aung San Suu Kyi Ditangkap Tadi Malam

1 min read

[ A+ ] /[ A- ]

MYANMAR – Pembantu terdekat pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi ditahan tadi malam, Rabu (10/2/2021), dalam gelombang baru penangkapan menyusul kudeta militer pekan lalu.

Presiden AS Joe Biden menanggapi kudeta ini dengan memebrikan sanksi baru terhadap para jenderal yang merebut kekuasaan pada 1 Februari 2021 ini.

Kyaw Tint Swe adalah menteri Kantor Penasihat Negara di bawah Aung San Suu Kyi, diberitakan ditahan pada dini hari kudeta dan tidak terlihat sejak itu. Anggota komite informasi Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) Dr Kyi Toe mengatakan Kyaw Tint Swe dan empat lainnya telah diambil dari rumah mereka.

Dalam sebuah pernyataan, Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik (AAPP), yang melacak penangkapan yang dilakukan sejak kudeta, mengatakan Kyaw Tint Swe termasuk di antara empat pejabat senior yang ditangkap pada malam 10 Februari. Nyi Pu, menteri utama Negara Bagian Rakhine, juga termasuk di antara mereka yang ditahan.

Sebanyak 220 orang dari politisi NLD hingga aktivis, guru dan anggota masyarakat sipil telah ditangkap sejak militer melancarkan kudeta, katanya, dengan 200 orang masih ditahan.

Dikutip dari Aljazeera, Kamis (11/2/2021), penangkapan itu terjadi setelah hari kelima protes nasional, yang terus berlanjut meskipun ada jam malam, larangan pertemuan lebih dari lima orang dan penggunaan meriam air, gas air mata, dan peluru berlapis karet oleh polisi.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.