21/09/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Setelah 3 Tahun Ditahan Saudi, Aktivis Perempuan Loujain al-Hathloul Dibebaskan

2 min read

[ A+ ] /[ A- ]

ARAB SAUDI – Aktivis hak perempuan Arab Saudi Loujain al-Hathloul telah dibebaskan dari penjara Saudi setelah hampir tiga tahun di balik jeruji besi, menurut keluarganya.

“Loujain ada di rumah !!!!!!” saudara perempuannya Lina tweeted pada hari Rabu, (10/2/2021) memposting tangkapan layar al-Hathloul pada panggilan video keluarga.

Saudari lainnya, Alia, mengatakan di pos terpisah bahwa al-Hathloul berada di rumah orang tua mereka di Arab Saudi, menambahkan “ini adalah hari terbaik dalam hidup saya”.

Tidak ada komentar langsung dari otoritas Saudi tentang pembebasannya.

Lina kemudian berterima kasih kepada para pendukungnya di Twitter tetapi mengatakan saat Loujain ada di rumah, “dia tidak bebas”.

“Pertarungan belum berakhir. Saya tidak sepenuhnya senang tanpa pembebasan semua tahanan politik, ” tweet Lina.

Al-Hathloul, yang mendorong untuk mengakhiri larangan perempuan mengemudi di Arab Saudi, dipenjara pada tahun 2018 dan dijatuhi hukuman penjara hampir enam tahun pada bulan Desember atas tuduhan terkait terorisme, dalam kasus yang menuai kecaman internasional.

Ditahan selama 1001 hari, dengan masa penahanan pra-sidang dan kurungan isolasi, dia dinyatakan bersalah atas tuduhan termasuk mendorong perubahan, mengejar agenda asing dan menggunakan internet untuk merusak ketertiban umum.

Pakar hak asasi manusia PBB menyebut tuduhan itu “palsu” dan Human Rights Watch (HRW) menyebut hukuman itu sebagai “parodi keadilan”.

Pembebasan dini diharapkan secara luas karena hakim menangguhkan sebagian dari hukumannya dan memberikan penghargaan atas waktu yang telah dijalani.

Presiden AS Joe Biden menyuarakan persetujuannya untuk pembebasannya.

“Dia adalah pembela hak-hak perempuan yang kuat dan membebaskannya dari penjara adalah hal yang benar untuk dilakukan,” katanya.

Banyak yang bersukacita atas pembebasannya di media sosial.

Dikutip dari Al Jazeera Kamis (11/2/2021), Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengatakan di Twitter dia senang melihat pembebasan al-Hathloul.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.