20/09/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Milisi Houthi Gempur Marib Belasan Orang Tewas

1 min read

[ A+ ] /[ A- ]

MARIB – Milisi Houthi bulan ini melanjutkan serangan untuk merebut Marib, sekitar 120 km (75 mil) di timur ibu kota Yaman yang dikuasai pemberontak, Sanaa.

Jatuhnya kota itu akan menjadi pukulan besar bagi pemerintah Yaman yang diakui secara internasional, yang didukung oleh koalisi militer pimpinan Saudi.

“Sekarang adalah waktu untuk menurunkan ketegangan, bukan untuk menambah penderitaan rakyat Yaman,” kata Lowcock dalam tweetnya.

Pejabat militer dari pemerintah Yaman mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa pemberontak telah menuju ke arah kota di dua front semalam setelah pertempuran sengit dengan pasukan pemerintah.

Belasan orang dari kedua belah pihak telah tewas dalam 24 jam terakhir saja, kata mereka. Jumlah korban jiwa dari pertempuran untuk Marib tidak diketahui tetapi laporan menunjukkan sekarang jumlahnya mencapai ratusan.

Koalisi pimpinan Saudi, yang melakukan intervensi militer di Yaman enam tahun lalu, telah menggempur posisi pemberontak.

Dikutip dari Al Jazeera, Televisi Al Masirah yang dikelola Houthi pada hari Selasa melaporkan total 13 serangan udara di Marib – 11 di lokasi di distrik Sirwah, dan dua di distrik Madghal.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.