21/09/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Gunung Etna Italia Erupsi

1 min read

[ A+ ] /[ A- ]

ITALIA – Gunung Etna di Italia mengeluarkan asap dan abu dalam letusan baru minggu ini, tetapi pihak berwenang Italia mengatakan gunung berapi itu, salah satu yang paling aktif di dunia, tidak menimbulkan bahaya bagi desa-desa di sekitarnya.

“Kami telah melihat yang lebih buruk,” kata kepala INGV National Institute for Geophysics and Volcanology di kota dekat Catania, Stefano Branca, kepada kantor berita Italia AGI.

Memperkirakan letusan dari kawah tenggara Etna dimulai pada Selasa sore, Branca menegaskan bahwa semburan aktivitas terbaru “sama sekali tidak mengkhawatirkan”.

Namun demikian, dengan hujan batu dan abu kecil, pihak berwenang tetap memutuskan untuk menutup bandara internasional Catania.

Otoritas darurat mengatakan di Twitter mereka memantau situasi dengan cermat di tiga desa di kaki gunung berapi – Linguaglossa, Fornazzo dan Milo.

Gambar menunjukkan gumpalan abu berwarna mawar yang spektakuler di atas puncak yang tertutup salju, tetapi awan sebagian besar telah menghilang saat malam tiba, sementara aliran lava terus bersinar.

Dikutip dari Al Jazeera, Kamis (18/2/2021), pada ketinggian 3.324 meter (hampir 11.000 kaki), Etna adalah gunung berapi aktif tertinggi di Eropa dan sering meletus dalam 500.000 tahun terakhir.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.