21/09/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Pengadilan Ontario Putuskan Penembakan Terhadap Pesawat UIA Oleh Iran adalah Tindakan Terorisme

1 min read

[ A+ ] /[ A- ]

KANADA – Mahkamah Agung Ontario menyatakan bahwa dua rudal Iran yang ditembakkan ke Ukraina International Airlines (UIA) dengan kode Penerbangan BS 752, Januari 2020, “kemungkinan besar” disengaja, dan dianggap sebagai “tindakan teroris” di bawah hukum Kanada.

Hakim Edward Bilobaba dalam amar putusannya menyampaikan, Kamis (20/5/2021), penggugat telah membuktikan bahwa penghancuran Penerbangan 752 oleh Iran adalah tindakan terorisme,” menegaskan bahwa keluarga dari empat korban ingin dapat menuntut Iran di Kanada.

Pengacara Korban Mark dan Jonah Arnold mengungkapkan kepuasan mereka, dalam sebuah pernyataan, mengatakan, “Keputusan Pengadilan Tinggi Ontario belum pernah terjadi sebelumnya dalam hukum Kanada dan akan berdampak besar pada kerabat korban yang masih hidup yang mencari keadilan.”

Mereka menambahkan bahwa keputusan ini membuka jalan bagi tuntutan kompensasi dari klien mereka terhadap Iran atas “tindakan teroris.” Penggugat meminta ganti rugi sebesar $ 1,5 miliar.

Negara asing umumnya menikmati kekebalan di Kanada karena tidak dapat dituntut dalam kasus penuntutan sipil. Namun undang-undang sejak tahun 2012 mengecualikan negara-negara yang dituduh mendukung “terorisme”. Ottawa memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran pada tahun yang sama.

Tiga hari setelah bencana yang terjadi pada 8 Januari 2020 di Teheran, angkatan bersenjata Iran mengaku telah menembak jatuh pesawat Ukraina itu “secara tidak sengaja”.

Dalam laporan akhirnya, yang dikeluarkan pada Maret 2020, Organisasi Penerbangan Sipil Iran membebaskan angkatan bersenjata.

Ukraina menganggap keputusan itu sebagai “upaya untuk menyembunyikan penyebab sebenarnya”, sementara Ottawa menganggap bahwa laporan organisasi Iran “tidak lengkap” dan tidak berisi “bukti yang tak terbantahkan.”

Dikutip dari laman bawabaa, Jumat (21/5/2021), dari 176 korban tewas, 55 adalah warga Kanada dan 30 penumpang lainnya merupakan penduduk tetap Kanada.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.