22/09/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Baru Menjabat 9 Bulan Presiden Mali Dikudeta Lagi

1 min read

[ A+ ] /[ A- ]

MALI – Tentara Mali menahan Presiden Bah Ndaw dan Perdana Menteri Moctar Ouane, Senin (24/5/2021) dua jam setelah perombakan kabinet.

Dalam pernyataan bersama, PBB dan AU menyerukan “pembebasan segera dan tanpa syarat” dari kepemimpinan sipil Mali dan mengatakan “komunitas internasional sebelumnya menolak tindakan paksaan, termasuk pengunduran diri paksa”.

Amerika Serikat, Inggris Raya, Prancis, Jerman, dan blok regional Afrika Barat yang dikenal sebagai ECOWAS juga menandatangani pernyataan tersebut.

Sumber diplomatik dan pemerintah mengatakan kepada Reuters dan kantor berita AFP bahwa Ndaw, Ouane serta Menteri Pertahanan Souleymane Doucore ditahan di pangkalan militer di Kati, di luar ibu kota, Bamako.

AFP berhasil menghubungi Ouane sebentar setelahnya lost contact, dia sempat memberi tahu bahwa ada tentara datang menjemputnya. Usia pemerintahan Ndaw dan Ouane hanya 9 bulan.

Sebelumnya Presiden Mali Sadio Camara dan Perdana Menterinya Kolonel Modibo Kone dikudeta oleh tentara. Keduanya sempat memimpin Mali selama 18 bulan sebelum dikudeta.

Dikutip dari Aljazera, saat ini Pemimpin kudeta Assimi Goita yang dulu sebagai wakil presiden saat Camara dan Kone dikudeta menjadi kepala administrasi yang bertugas untuk mengawasi transisi 18 bulan kembali ke pemerintahan sipil.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.