20/09/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Netanyahu Segera Disingkirkan Yair Lapid dari Kursi PM Israel

1 min read

[ A+ ] /[ A- ]

YERUSALEM – Pemimpin oposisi Israel Yair Lapid telah memberi tahu presiden negara itu bahwa ia segera membentuk pemerintahan koalisi, sebuah langkah yang akan mengakhiri 12 tahun kekuasaan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Lapid, pemimpin partai Yesh Atid, ditugaskan untuk membentuk pemerintahan oleh Presiden Reuven Rivlin setelah Netanyahu kembali gagal membentuk koalisinya sendiri setelah pemilihan keempat Israel dalam waktu kurang dari dua tahun.

Dalam sebuah pernyataan yang dibagikan di Twitter pada hari Rabu, (2/6/2021) Lapid mengatakan dia telah memberi tahu Rivlin tentang kesepakatan itu.

“Pemerintah ini akan bekerja untuk semua warga Israel, mereka yang memilihnya dan mereka yang tidak. Itu akan melakukan segalanya untuk menyatukan masyarakat Israel,” katanya sesaat sebelum batas waktu tengah malam (21:00 GMT).

Lapid, mantan pembawa acara TV dan seorang sentris sekuler, memenangkan dukungan penting dari nasionalis agama garis keras Naftali Bennett, seorang multi-jutawan teknologi yang telah memegang sejumlah portofolio pemerintah termasuk kementerian pertahanan, pada hari Minggu (30/5/2021) lalu.

Di bawah perjanjian koalisi, Bennett dan Lapid akan merotasi peran perdana menteri, dengan Bennett mengambil jabatan itu untuk dua tahun pertama dan Lapid dua tahun terakhir.

Kesepakatan itu masih perlu dilakukan pemungutan suara di Knesset, parlemen Israel, di mana persetujuan itu membutuhkan dukungan mayoritas sebelum pemerintah dapat dilantik. Pemungutan suara diperkirakan akan diadakan dalam waktu tujuh hingga 12 hari, lapor surat kabar The Washington Post.

Seperti dilansir Aljazeera, Kamis (3/6/2021), drama politik terbaru Israel menambah kesengsaraan Netanyahu, yang diadili atas tuduhan kriminal penipuan, penyuapan dan pelanggaran kepercayaan saat menjabat – tuduhan yang dibantahnya.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.