20/09/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Korban Kebakaran Bangsal Covid di RS Irak Jadi 92 Orang Ratusan Luka-Luka

1 min read

[ A+ ] /[ A- ]

NASIRIYA – Korban tewas akibat kebakaran bangsal virus corona di sebuah rumah sakit di Irak selatan telah meningkat menjadi 92, kata pejabat kesehatan, ketika kerabat yang berduka mengecam pemerintah atas bencana kedua dalam waktu tiga bulan.

Para pejabat mengatakan lebih dari 100 orang terluka dalam kobaran api di Rumah Sakit Pendidikan al-Hussein pada Senin malam di Nasiriya, menyoroti sistem perawatan kesehatan yang lumpuh di negara itu di tengah perang dan menjalani sanksi selama beberapa dekade.

“Investigasi menunjukkan api dimulai ketika percikan api dari kabel yang salah menyebar ke tangki oksigen yang kemudian meledak,” kata polisi dan otoritas pertahanan sipil.

Perdana Menteri Mustafa al-Kadhimi mengadakan pertemuan darurat dan memerintahkan penangguhan dan penangkapan direktur kesehatan di provinsi Dhi Qar, direktur rumah sakit dan kepala pertahanan sipil kota. Pemerintah juga meluncurkan penyelidikan terikat waktu.

Al-Kadhimi menyebut tragedi itu sebagai “luka yang dalam bagi semua orang Irak”. Sebuah pernyataan dari kantornya menyerukan berkabung nasional.

Dalam sebuah tweet pada hari Selasa, Presiden Barham Salih menyalahkan “malapetaka” di rumah sakit itu pada “korupsi yang terus-menerus dan salah urus yang meremehkan kehidupan orang Irak”.

Dikutip dari Aljazeera, Rabu (14/7/2021), Pengadilan Nasiriya mengatakan telah memerintahkan penangkapan 13 pejabat lokal sehubungan dengan kebakaran tersebut.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.